Saturday, September 21, 2024
spot_img
HomeTerkini"Kerap Berdebat Kencang, tapi Tetap Sahabat Karib" Kenang Luhut mengenai Rizal Ramli

“Kerap Berdebat Kencang, tapi Tetap Sahabat Karib” Kenang Luhut mengenai Rizal Ramli

suara-merdeka.my.idLuhut Binsar Pandjaitan menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya Rizal Ramli. Rizal Ramli merupakan salah satu sosok seorang sahabat karib bagi Luhut.
Hal ini sampaikan Luhut dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, @luhut.pandjaitan, hari Kamis (4/1/2023). Luhut mengatakan sangat sedih ketika dirinya mendengar kabar duka tentang wafatnya Rizal Ramli yang dijuluki sebagai ‘Rajawali Ngepret’ itu.

“Ketika mendapat kabar duka tentang wafatnya Rizal Ramli, Saya begitu sedih dan memutuskan untuk langsung menuju kediamannya setelah sampai di Jakarta. Saat bertemu dengan anak-anak bapak Rizal, kesedihan saya semakin tak terbendung mengingat hubungan baik yang selama ini kami jalin,” ungkap Luhut.

Luhut pun teringat masa-masa kebersamaannya dengan Rizal Ramli. Rizal dan ia memiliki karakter yang sama-sama terbuka. Karena itu, keduanya justru sering kali berbeda pendapat hingga sering berdebat kencang.

“Saya dan pak Rizal kerap berbeda pendapat dan sering berdebat kencang. Tak jarang juga perdebatan itu disertai dengan kata-kata yang sedikit aneh. Tetapi jika rapat telah selesai, kami kembali lagi menjadi sahabat karib,” ungkap Luhut.

Baca Juga:  Pembangunan KIPP di Sepaku Dikebut, Tim Pengamanan Polda Kaltim Jaga Kondusifitas

“Saya kira sebuah persahabatan yang baik memang harus seperti itu, meski sering ada perbedaan pendapat di tengah-tengah kita, tak perlu lah sampai saling bermusuhan,” imbuhnya.

Lebih lanjut lagi ia menceritakan awal pertemuannya dengan Rizal. Luhut mengatakan telah mengenal mendiang Rizal Ramli sejak lama, tepatnya sejak Rizal Ramli menyelesaikan sekolah doktoralnya di Boston University, Amerika Serikat (AS). Namun perkenalan yang intensif baru terjadi setelah keduanya sama-sama menjadi anggota Kabinet Persatuan Nasional dalam kepemimpinan Presiden RI ke-4, KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

“Saat itu, Rizal Ramli ditunjuk menjadi Menko Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri (Ekuin) dan saya sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan,” imbuh Luhut.

Baca Juga:  Polisi Amankan Kunjungan ITK dan UI Green Matric di IKN Nusantara

Akhirnya Nasib kembali mempertemukan keduanya di tahun 2015. Rizal Ramli mendapat mandat dari Presiden Joko Widodo menjadi Menko Kemaritiman dan Sumber Daya. “Saat itu saya merasa senang karena kembali menjadi satu tim dengan beliau,” ungkap Luhut.

Ulang tahun Luhut yang ke-76 pada September 2023 kemarin menjadi momentum terakhir keduanya bertemu kembali secara langsung. Setelah itu, belum sempat kembali ada pertemuan lagi lantaran Luhut harus menjalani perawatan dalam waktu yang cukup lama karena sakit. DI saat yang bersamaan, ternyata Rizal Ramli pun juga jatuh sakit hingga membuatnya tutup usia kemarin.

“Selamat jalan, sahabatku, Prof. Dr. Rizal Ramli, M.A. Saya bersaksi engkau adalah orang yang hebat, dan kami akan selalu merindukan keberanian dan konsistensi mu dalam memberikan masukan dan saran bagi pembangunan bangsa dan negara tercinta,Indonesia,” pungkasnya.

Sourcedetikcom
BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -spot_img

Berita Populer